Pengalaman Estetis

Kunjungan ke Perpustakaan Nasional RI

Nama: Meiva Friza Nirmala

NPM: 202146500940

Kelas: R3L - DKV

Mata Kuliah: Filsafat Seni

Dosen: Angga Kusuma Dawami, M.Sn


Jalan-jalan menelusuri ibu kota adalah hobi saya, mengulik tempat-tempat yang saya anggap unik. Dengan tidak memakan budget yg cukup banyak karena transportasi di jakarta sangat memadai dan terjangkau.

Kali ini saya pergi mencari pameran seni, tujuan utama pergi awalnya ke Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Pusat. Tetapi sayang, pamerannya ternyata sudah ditutup, kemudian tanpa pikir panjang saya langsung pergi ke Galeri Nasional tanpa melihat jadwal terlebih dahulu dan ternyata registrasi pamerannya menggunakan sistem online.

Lalu saya memutuskan untuk pergi lagi ke Perpustakaan Nasional RI (PERPUSNAS). Nah, disini saya mendapatkan pameran yang unik. Pameran tersebut berjudul “Kalatanda Gelar Karya 8 Perupa”


 Foto karya di atas bernama Big Meal dengan menggunakan mixmedia, karya ini memperlihatkan siklus kehidupan dunia tentang masalah ketahanan pangan, dan menyinggung wabah global covid yang mengancam manusia sehingga ada di ujung tanduk.


Karya pada foto diatas bernama Larung yang menggunakan mixmedia.

Larung merupakan hasil perenungan perjalanan hidup untuk sesuatu yang/lebih baik, meyakini bahwa alam menentukan apa yang harus dilakoni dan bagaimana cara "menyempurnakan" hidup yang tidak sesuai harapan.

 
kemudian pada foto diatas merupakan karya yang menggunakan angka binary yang diberi nama Numbers dengan instalasi digital video art selama durasi 2 menit. Digital video art ini menjelaskan tentang angka binary yang hanya terdiri dari bilangan '0 dan 1' yang di temukan sekitar tahun 1700 an, kemudian menjadi dasar sistem pengkodean dan algoritma serta membawa dunia masuk ke era digital saat ini.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Estetika dan Moral

Teori Mimesis dan Teori Significant Form